13 Mei 2008

M.Samben: Transmisi Seluler di Seko?

Salam Kasih dalam Tuhan,

Pendirian tower trasmisi celluler betul-betul harus dicermati dan perlu pemahaman kepada masyarakat Seko bukan saja yang ada di kampung asal kita tapi juga dari kita to Seko di tempat lain.Peluang mendirikan tower komunikasi bisa saja digunakan orang lain untuk menarik keuntungan sepihak dengan mengiming-iming bahwa akan memberi kemudahan untuk bekomunikasi dengan keluarga diluar Tana Seko, namun akan berdampak buruk bagi ekonomi, budaya dan perkembangan generasi kita. Yang diutamakan membangun Seko adalah mengembangkan SDM, yang pada gilirannya akan berdapak pada berkembangnya wawasan, ekonomi, sosial, politik dan ........

Harapan kita dengan terbitnya buku kumpulan karangan mengenai Seko dapat memberi dampak positif yang signifikan.

Sehubungan dengan membangun SDM saya teruskan perenungan yang sempat saya copy dari internet "refleksi dan tindakan"

Perbedaan antara negara berkembang (miskin) dan negara maju (kaya) tidak tergantung pada negara itu. Contohnyanya negara India dan Mesir, umumnya lebih dari 2000 tahun, tetapi mereka tetap terbelakang (miskin. Di sisi lain- Singapura, Kanada, Australia dan New Zelan- negara yang umurnya kurang dari 150 tahun dalam membangun saat ini mereka adalah bagian dari negara maju di dunia dan penduduknaya tidak lagi miskin

Ketersediaan sumber daya alam suatu negara juga tidak menjamin negara itu menjadi kaya atau miskin. Jepang mempunyai area yang sangat terbatas, Daratannya, 80% berupa pegunungan dan tidak cukup untuk meningkatkan pertanian dan peternakan

Tetapi, saat ini Jepang menjadi raksasa ekonomi nomor dua di dunia. Jepang laksana suatu negara "industri terapung" yang besar sekali, mengimpor bahan baku dari semua negara di dunia dan mengekspor barang jadinya.

Negara manakah yang berhasil mengalahkan negara adikuarsa Amerika Serikat. Vietnam satu-satunya negara yang berhasil mengalahkan negara adikuasa Amerika Serikat. Vietnam berhasil mengusir Amerika Serikat dalam perang kemerdekaan pada tahun 1975. Mengapa? Sikap wirausaha bangsa Vietnam
Gigih, Ulet, Disiplin, Kerja Keras, Berani penuh perhitungan bukan .... ngawur / bonek-bondo nekat

Keberhasilan tidak datang tiba-tiba begitu saja. Keberhasilan adalah sebuah upaya yang dilakukan terus menerus dari penerapan nilai-nilai kewirausahaan.

Swiss negara sangat kecil, hanya 11% daratannya bisa ditanami. Swiss tidak mempunyai kebun coklat tetapi dikenal sebagai negara pembuat coklat terbaik di dunia.

Para eksekutif dari nagara maju dan dari negara terbelakang sependapat bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal kecerdasan.

Ras atau warna kulit juga bukan faktor penting. Para imingran di negara asalnya ternyata sumber daya yang sangat Produktif di negara-negara maju/kaya di Eropa.

Lalu Apa Bedanya??
Perbedaan pada sikap/ perilaku dan ... kemampuan berfikir masyarakatnya yang dibentuk sepanjang masa melalui kebudayaan dan pendidikan. Berdasarkan analisis atas perilaku masyarakat, ternyata mayoritas penduduk dinegara maju menerapkan prinsip-prinsip dasar sebagai berikut dalam kehidupan keseharian.

Prinsip Dasar Kehidupan :
1. Etika, sebagai prinsip prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari
2. Kejujuran dan integritas
3. Bertanggungjawab
4. Taat pada aturan & hukum masyarakat
5. Hormat pada hak orang /warga lain
6. Cinta pada pekerjaa/ profesi
7. Berusaha keras untuk menabung & investasi
8. Mau dan mampu bekerja keras
9. Sadar waktu, sadar mutu, sadar biaya.

Dinegara terbelakang/ miskin / berkembang, hanya, sebagian kecil (minoritas) masyarakatnya mematuhi prinsip dasar kehidupan di atas. Kita bukan miskin, terbelakang, karena kurang sumberdaya alam atau karena alam yang kejam kepada kita.
Kita terbelakang /lemah/miskin karena perilaku kita yang "kurang / tidak baik".
Kita kekurangan kemauan kemauan untuk mematuhi dan mengajarkan prinsip-prinsip dasar kehidupan yang memungkinkan kita pantas membangun masyarakat, ekonomi dan negara

Kita harus mulai dari mana saja. Kita HARUS BERUBAH dan BERTINDAK dan Perubahan harus kita mulai dari DIRI (MASYARAKAT )KITA SENDIRI.

Mari kita bangun bersama :
- kebanggaan (pride)
- harga diri (dignity)
- jati diri (identity)

Terima kasih

"martinus samben"

Tidak ada komentar: